Oct 20, 2014

Masalah

Hidup ini tak lekang dengan masalah, silih berganti masalah selalu datang menghampiri, selesai masalah satu muncul masalah yang lain, dan semua itu berputar seakan-akan tiada titik akhir. Tetapi pernahkah kita sejenak merenung, berfikir, dan bertafakur tentang apa itu "masalah"? Pernahkah kita menarik pelajaran berharga atau menarik hikmah kehidupan dari banyaknya masalah yg kita hadapi? Pernahkah kita bertanya kepada Allah kenapa masalah itu selalu ada untuk kita? Atau justru kita mencoba lari dari masalah, pura-pura mengaburkannya, atau justru menyerah pada masalah itu?

Jika hal itu yg terjadi kepada engkau, sungguh apakah engkau telah melupakan ayat-ayat Allah yang mengabarkan tentang indahnya menghadapi kesulitan/masalah. Apakah tidak pernah engkau membaca ayat-ayat-Nya, yang selalu mengatakan bahwa 
"Sesungguhnya disetiap kesulitan selalu ada kemudahan, bahwa disetiap permasalahan kehidupan akan ada selalu solusi".
Sungguh jika benar yang terjadi pada dirimu bahwasanya engkau telah melupakan ayat-ayat Tuhanmu itu, maka bersegeralah beristighfar, memohon ampun engkau kepada-Nya. Jika engkau sedang berada dalam masalah, jika engkau sedang dirundung kesulitan, jika engkau merasa begitu banyaknya problematika kehidupan yang engkau rasakan, maka kunci untuk menyelesaikan semuanya adalah datanglah kembali engkau kepada Allah Tuhanmu. Datanglah engkau kepada-Nya, berkeluh kesahlah, dan berdoalah karena sesungguhnya Allah menyukai hamba-hambanya yang berdoa dan berpasrah diri kepada-Nya.
"Dan apabila hamba2ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang2 yg berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah2Ku), dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran". 
( QS. Al-Baqarah : 186)
Apa susahnya diri kita untuk datang kepada-Nya, berkeluh kesah, dan berdoa memohon kepada-Nya. Bukankah setiap masalah yang terjadi kepada diri kita semua ini hanya bisa terjadi karena telah diizinkan oleh-Nya. Atau masihkah kita terus meyakini dan mengatakan bahwa masalah itu besar. Kenapa tidak pernah kita ini mengatakan "Wahai masalah bukan engkau yang besar, tetapi Allahlah yang Maha Besar". Ingatlah saudaraku apapun masalahnya hanya dengan mendekat dan mengingat Allahlah engkau akan menjadi tenang.
"Hanya dengan mengingat Allahlah hatimu akan menjadi tenang."
(QS. Ar. Rad : 28)
Doa adalah kunci dari penyelesaian setiap masalah. Dengan doa engkau bisa melepaskan kepenatan hatimu, melepaskan rasa was-was dan keraguanmu, dan dengan doa engkau akan meyakini dan menyadari bahwa betapa butuhnya diri ini akan keberadaan Allah Tuhanmu. Mendekatlah, menangislah, berkeluh kesahlah, engkau kepada Allah tentang masalah-masalahmu, lalu berdoalah maka Allah akan mengabulkan doa-doa dan pengharapanmu.




shared at WhatsApp family ODOJ1550
re-shared at lovelyboutcrazy.blogspot.com by Vee

No comments:

Post a Comment