Oct 3, 2014

Indahnya Berbagi Qurban

Menyisihkan uang untuk berqurban sungguh nikmat rasanya. Sebagaimana diketahui ibadah ini hukumnya sunnah muakkadah. Kenikmatan apakah yang sebenarnya ingin mereka raih?

Dari berqurban akan kita dapati nikmat :
  • Mendekatkan diri kepada Allah

"Dirikanlah shalat karena Rabb mu dan berkurbanlah" 
(QS. Al Kautsar : 2)
  • Menghidupkan sunnah/tuntunan imamnya orang-orang yang bertauhid, Ibrahim ‘Alaihissalam, dimana Allah mewahyukan pada beliau untuk menyembelih putranya, Ismail, maka Allah menggantinya dengan kambing kibas, lalu Ibrahimpun menyembelihnya. Allah berfirman : "Kami tebus anak itu dengan dengan seekor sembelihan yang besar."

  • Memberi kelapangan pada keluarga di Hari Raya.
  • Menebarkan kebahagiaan pada kaum fakir miskin di antara kita dengan memberikan sedekah pada mereka.
  • Bersyukur pada Allah Ta’ala atas karunia-Nya menundukkan hewan-hewan ternak pada kita. Allah berfirman  

”Maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukan unta-unta itu kepada kamu, mudah- mudahan kamu bersyukur. Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkanya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik “. 
(QS Al-Hajj : 36-37)
Berkata syaikhul muslim 
"Berkurban yang dilakukan pada hari yang agung itu, hari kurban yang agung, padanya terkandung sedekah pada kaum fakir dan memberikan kelapangan pada mereka “
-Mellyana Nurhidayah-




shared at WhatsApp family ODOJ1550
re-shared at lovelyboutcrazy.blogspot.com by Vee

No comments:

Post a Comment