Nov 30, 2014

Cibiran dan Hinaan

“Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya.” 
[HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722.]
Saudara syurgaku...
Berterimakasihlah terhadap insan yang berbeda sisi/lawan-lawan diri. Mereka yang selalu mencari kelemahan kita. Jika mengetahui bahwa mereka sedang melakukan hal itu, janganlah marah. Pujilah Rabb, karena IA telah mengirimkan insan yang dapat mengerti kekurangan kita, tersebab diri sendiri banyak tidak memahami kelemahan tersebut. Mereka akan berterus terang dalam menjelaskan kekurangan kita. Dengarkan dengan seksama apa yang mereka katakan tentang diri karena hal itu lebih patut untuk memantau diri. Adapun teman, maka ia akan merasa malu dan sungkan untuk menunjukkan kekurangan tersebut.

Ibnu ‘Abbas mengatakan :
“Allah memerintahkan pada orang beriman untuk bersabar ketika ada yang membuat marah, membalas dengan kebaikan jika ada yang berbuat jahil, dan memaafkan ketika ada yang berbuat buruk. Jika setiap hamba melakukan semacam ini, Allah akan melindunginya dari gangguan syaitan dan akan menundukkan musuh-musuhnya. Malah yang semula bermusuhan dapat menjadi teman dekatnya karena adab baik semacam ini.”
Jangan lelah untuk berlaku lembut
Jangan lelah untuk memaafkan
Jangan lelah untuk terus memperbaiki diri

Ibnu Katsir mengatakan ;
“Namun yang mampu melakukan seperti ini adalah insan yang memiliki kesabaran. Karena membalas insan yang menyakiti kita dengan kebaikan adalah suatu yang berat bagi setiap jiwa.” 
[Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 12/243]
Saudaraku...
Pandang dari sisi yang indah. Bahagiakan diri atas cibiran dan hinaan insan. Karena dengannya, kita tahu aib diri serta dapat bergegas memperbaikinya. Mengalah bukan berarti KALAH. Sekedar menata hati dan membersihkannya dari karat BENCI. Biarlah di dunia seperti insan tak berarti, yang terpenting SYURGA MENANTI.
-ummu adib-




shared at WhatsApp family ODOJ1550
re-shared at lovelyboutcrazy.blogspot.com by Vee

No comments:

Post a Comment