Aug 13, 2014

When Allah Say No

"Maha Suci Allah yang di tangan-Nya lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya." 
(QS. Al Mulk : 1 - 2)
Kegagalan menghadapi ujian Allah, seringkali terjadi karena kelengahan hati, yaitu tidak menyadari bahwa masalah yang sedang dihadapi itu sebenarnya adalah merupakan ujian-Nya. Ujian-ujian Allah itu jawabannya telah tersedia dalam Al-Qur'an dan hadist, oleh karena itu, supaya kita dapat selalu lulus dalam ujian-Nya, maka tidak ada jalan lain selain dari pada memahami Al-Qur'an dan hadist dengan baik.
"Allah menganugerahkan al hikmah (kepahaman yang dalam tentang Al-Qur'an dan As Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugerahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan tak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang berakal."
(QS. Al Baqarah : 269)
Salah satunya dengan cara tafakur.  Mengapa?  Karena tafakur sudah terbukti sebagai pelita hati.
Waktu, nafas yang tak akan kembali. Manusia hanyalah pengendara di atas punggung usianya. Digulung hari demi hari, bulan,  dan tahun tanpa terasa. Nafsu terus berjalan, setiap menuntunku ke pintu kematian. Sebenarnya dunialah yang ku jauhi dan liang kuburlah yang ku dekati. Satu hari berlalu, berarti satu hari  berkurang umurmu. Umurmu yang tersisa di hari ini sungguh tidak ternilai harganya, sebab esok hari belum tentu jadi bagian dari diriku. Karena itu, jika suatu hari berlalu tapi tiada pahala dan keyakinanku yang bertambah, apalah arti hidupku di mata Allah.

Ketika Allah berkata tidak...
YA Allah, ambillah kesombongan dariku...
"Tidak. Bukan Aku yang mengambil, tapi kau yang harus menyerahkannya!"
Ya, Allah berilah aku kesabaran...
"Tidak. kesabaran diperoleh dari ketabahan dalam menghadapi cobaan.  AKU tidak memberikan kesabaran, engkau harus meraihnya sendiri!"
Ya Allah, berilah aku kebahagiaan...
"Tidak.  AKU memberi keberkahan dan hikmah, sedangkan kebahagiaan tergantung kepadamu sendiri! "
Ya Allah, jauhkan aku dari kesusahan...
"Tidak. Penderitaan akan menjauhkanmu dari jerat dunia dan mendekatkanmu padaKu!"
Ya Allah, beri aku segala hal yang menjadikan hidup ini nikmat...
"Tidak. AKU beri kau akal dan kali serta Al-Qur'an,  supaya kamu dapat menikmati kehidupan!"




shared at WhatsApp family ODOJ1550
re-shared at lovelyboutcrazy.blogspot.com by Vee

No comments:

Post a Comment