Aug 22, 2014

Selingkuhnya Para Handphone

Kemarin pagi saya berkicau tentang SMS, BBM atau FB. 24 jam kemudian  saya sadari bahwa ada sekitar 120 orang yang minta ijin share kicauan yang kurekap ulang untuk postingan FB. Itu yang ijin dan terdeteksi. Entah yang tidak. Yang retweet juga saya tidak menghitung.

Tidak menyangka. Pasalnya, saya menulis itu bukan tanpa sebab. Sepekan ini banyak ada saja curhatan para istri tentang perselingkuhan suaminya melalui SMS, BBM atau FB. Maafkan saya wahai para bapak, bukan karena hanya para bapak saja yang berselingkuh, tapi secara umum saya membuka diri untuk curhatan para ibu. Jadi versi para ibu yang saya tahu. Kalau para bapak yang curhat, ada telinga dan HP, BB atau email suami saya yang siap menampung. Begitu yang saya sepakati dengan suami. Kita tidak mau menyeret masalah orang lain ke dalam keluarga.

Melihat sambutan yang demikian, saya senang dan sedih. Senang karena ternyata kicauan saya dianggap bermanfaat. Sedih karena kemungkinan hal ini menjadi perhatian banyak orang lantaran memang telah terjadi. 

Bahkan ada yang langsung inbox, saya kutipkan tanpa menyebut jati dirinya :
Benar sekali status ibu yang soal CLBK dan selingkuh. Tante saya adalah salah satu contoh pemakai media sosial yang tidak cukup dewasa. Sampai akhirnya memutuskan bercerai setelah 30 tahun pernikahan. Tahan berlama-lama main handphone, suaminya gak dibolehin megang handphonenya. Bahkan ke toilet aja di bawa, Bu. Awalnya om gak mau cerai, sampai ibu saya dan tante-tante serta om-om yang lain turun tangan untuk bantu ngebujuk tante supaya narik tuntutan cerainya. Tapi si tante gak bergeming dan tetap asyik dengan social medianya sendiri. Buat status dah kayak ABG, Bu. Akhirnya om memutuskan untuk melepaskan. Biduk rumah tangga, 30 tahun, dan rontok oleh sosmed.
Dalam berbagai kasus, ada yang sembunyi-sembunyi melakukannya tanpa sepengetahuan pasangan. HP dibawa kemanapun pergi. Bahkan saat sholat disempitkan di lipatan sarung. Namun tragisnya ada yang terang-terangan melakukan dengan sepengetahuan pasangan. Saat pasangannya protes, malah bilang :
“Kamu juga boleh kok melakukan kesenangan dengan mantan pacarmu atau cari saja pacar baru lewat fesbuk kalau itu bisa menyenangkan hatimu.”
Gedubrag! Pasangannya sangat kaget dengan ungkapan itu.
“ Apa ayah tidak takut dosa?”
“ Dosa apa? Ayahkan tidak berzina, hanya bersenang-senang dengan cinta masa lalu ayah. Mereka juga tinggal jauh, kalau satu kota malah ayah tidak berani.”
Semakin runyam dan tidak masuk akal.
Demikianlah 'cinta' yang membutakan. Saya juga ragu apakah itu bisa disebut cinta. Apakah dikira sedikit ketergelinciran jika disengaja dan dibiarkan, akan berhenti pada yang sedikit. Tidak. Sudah ada contohnya, suami yang membunuh istri karena cemburu yang berawal dari sosmed. 

Inilah beberapa fakta :
BANDUNG (Pos Kota) – Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terkejut dalam kurun waktu Oktober tercatat 507 pasangan suami isteri di daerah Tatar Galuh, Ciamis mengajukan cerai. Penyebab hancurnya rumah tangga mereka yang paling dominan karena perselingkuhan baik dengan SMS maupun facebook. ”Mereka mengaku terjadinya cerai akibat masuknya pihak ketiga. SMS dan facebook biang kerok perceraian,” kata Humas Pengadilan Agama Ciamis, Anang Permana, Jumat. Dia menegaskan, jumlah 507 penggugat cerai dalam waktu sebulan ini merupakan angka yang spektakuler. Pasalnya lanjut dia, jumlah itu mengalami kenaikan 50 persen dibanding bulan sebelumnya. Untuk Agustus pasangan suami isteri yang mengajukan cerai mencapai 250 orang. Pada Oktober 2010 jumlah tersebut mendadak naik drastis hingga mencapai 507 pasangan
( http://forum.detik.com/akibat-facebook-perceraian-meningkat-di-ciamis-t220628.html)

Bahkan, di Pengadilan Agama Bengkulu Selatan kasus perceraian akibat ulah facebook lebih tragis lagi, tahun 2012 kemarin tercatat mengalami kenaikan jumlah angka hampir 100 persen, sebanyak 26 perkara. Naik tahun sebelumnya tercatat 14 perkara.
(http://www.lokernez.com/2013/04/dampak-facebook-angka-perceraian-di-indonesia-meningkat-tajam.html)

Entah di kota lain, kemungkinan juga tidak jauh berbeda. Karena persoalan ini sepertinya mendunia, di Amerika perceraian karen facebook juga menduduki peringkat ke- 3. Sementara di Inggris juga disinyalir facebook membuat peningkatan kasus perceraian.

Kembali ke dunia kita dan sekitar kita. Mari terus lakukan penyadaran untuk menggunakan teknologi informasi secara proporsional dan beretika. Saya jadi ingat dulu sekali ada seorang ibu yang secara khusus meminta agar saya menulis tentang etika berkomunikasi di dunia maya. Ibu tersebut jengah dengan kegenitan para perempuan yang berkomentar di facebook suaminya dengan hahahihi, wkwkwk, say...dsb.

Sekarang saya posting disini kicauan yang sedang diminati ini. Versi lengkapnya kulwit waspada terhadap bahaya teknologi komunikasi edisi facebook :
  1. Untuk para istri : hati-hati menjaga hati, saat membaca SMS dan BBM yang membuat hatimu "tersenyum" padahal bukan dari suamimu/anakmu/ayahmu.
  2. Untuk para suami : hati-hati menjaga hati, saat membaca SMS dan BBM yang membuat hatimu "tersenyum" padahal bukan dari istri/anakmu/ibumu.
  3. Sudah banyak korban CLBK akibat facebook, bbm, twitter atau apapun bentuk jejaringnya, janganlah terjerumus ke jurang yang sama, waspadalah!
  4. Neraka dunia hancurnya rumah tangga, dan neraka akhirat yang tak bisa dielakkan sesiapapun yang meretas jalannya.
  5. So, stop efek negatif kemudahan teknologi komunikasi agar tidak menjadi jalan neraka
  6. Siapapun pasangan kita, mereka hanya manusia, bukan malaikat. Gempuran atau kikisan bisa melelehkan jika tanpa dukungan.
  7. Sesekali menengok handphone, facebook dan bb pasangan sebagai tanda cinta penjagaan dari ketergelinciran.
  8. Banjiri saja suami/istri dengan pesan cinta kita, yang akan membuat hatinya tersenyum dan jiwanya tertawa dalam bahagia.
  9. Jangan biarkan orang lain yang melakukannya, karena hati suami atau istri adalah ruang pribadi pasangannya.
  10. Menyengaja bermain api mengundang dosa, berbeda dengan tergelincir tanpa sengaja.
  11. Istighfar dan taubatan nasuha caranya memutus hubungan dengan si penggoda, menyesali, meminta maaf pada pasangan dan terus menjaga diri.
  12. Semoga Allah menjaga keluarga kita dari marabahaya penyalahgunaan teknologi komunikasi.
  13. Yakinlah jika anda menginginkan kebaikan dan kebahagiaan keluarga, Allah akan memudahkan menemukan jalannya.
  14. Bagi orang yang menginginkan permainan duniawi, kegembiraan sesaat dan hiburan lewat perselingkuhan media, dia juga akan mudah mendapatkan.
  15. Masing-masing mendapat balasan atas amal hati, amal fikiran, amal lisan dan amal perbuatannya.
  16. Allah Maha Menghitung, Maha Membalas dan tak akan luput secuilpun kebaikan ataupun keburukan maka hapus peluang dosa walau baru lintasan hati.
  17. Bukalah mata hati pada cahaya cinta yang halal, panggillah perasaan kegembiraan dan bahagia yang menentramkan dari pasangan.
  18. Bismillah dengan niat ikhlas dalam bimbingan rahmat-Nya,kita bisa meraih surga dunia keluarga sakinah baiti jannati dan surga akhirat nantinya.

Ehm, saya tengah mengingatkan diri saya sendiri. Jika ada yang juga merasa diingatkan, alhamdulillah. Jika ada yang tersinggung, alhamdulillah. Tapi bukan maksud saya menyakiti siapapun. Semoga dimaafkan keterbatasan saya.
_http://ida-nurlaila.blogspot.jp_




shared at WhatsApp family 2b WOW chapter 22
re-shared at lovelyboutcrazy.blogspot.com by Vee

No comments:

Post a Comment