Dec 21, 2014

Wahai Jiwa-Jiwa Yang Tenang

Wahai saudaraku yang semoga selalu dalam lindungan-Nya, saatnya kita harus tersadar bahwa yang dibutuhkan setiap manusia kelak di akhirat adalah panggilan Allah :
يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ # ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً # فَادْخُلِي فِي عِبَادِي # وَادْخُلِي جَنَّتِي
Maka bagaimana jika kita membayangkan dihari itu, Allah memanggil kita dengan panggilan "wahai jiwa yang tenang", kemudian Allah meminta kita untuk kembali kepada-Nya dengan penuh ridho dan bahagia, kemudian Allah kembali menyeru "masuklah engkau ke dalam golongan-Ku dan masuklah engkau ke dalam surga-Ku."

Jika kita teringat ayat ini dan ingin mendapatkan panggilan ini, maka tentunya kita akan senantiasa mendahulukan Allah, karena hanya Allah lah yang kelak akan memanggil hamba-hambanya, Allah diatas segalanya. Dan hal itu akan terwujud dengan mengamalkan salah satu ayat-ayat cintanya,
فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا
"Maka brg siapa yg mengharap perjumpaan dengan Rabbnya (Allah), hendaklah mereka beramal sholih dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun"
(QS. Al-Kahfi : 110)
Ibnu Abbas menjelaskan makna amal sholih adalah amal ibadah yang sesuai dengan petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasalam dengan tanpa menambah atau menguranginya karena ajaran beliau telah disempurnakan oleh Allah (Al Maidah :3). Sedangkan tidak menyekutukan Allah bermakna Ikhlas dalam beribadah hanya tertuju kepada Allah semata. 

Dua hal ini adalah syarat mutlak diterimanya amal ibadah kita. Karena ikhlas saja tidak cukup untuk amal kita diterima Allah selama ibadah kita menyelisihi petunjuk Nabi, begitu juga sebaliknya sesuai petunjuk Nabi-pun tidak akan bisa mengantar amal kita diterima Allah selama tidak ada ikhlas di dalamnya. 

Sudahkah keduanya terkumpul dalam setiap ibadah kita?? Inilah yang harus menjadi sebuah pertanyaan besar jika kita ingin mendapatkan panggilan Allah "Wahai jiwa-jiwa yang tenang."

Wallohu'alam bishowab.




shared at WhatsApp family ODOJ1550
re-shared at lovelyboutcrazy.blogspot.com by Vee

No comments:

Post a Comment