Dec 12, 2014

Hikmah Hari Jumat

" Hai orang-orang beriman,apabila diseru untuk menunaikan sholat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat ALLAH dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan sholat,maka bertebaranlah kamu diatas muka bumi dan carilah karunia ALLAH dan ingatlah ALLAH banyak-banyak supaya kamu beruntung. 
(QS Jumu'ah: 9- 10)
Hari JUM'AT adalah Sayyidul Ayyam (Penghulunya Segala hari).
Sesungguhnya ALLAH 'Azza wa Jalla di hari itu menciptakan Adam AS dan mewafatkannya, hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam Surga dan hari itu pula KIAMAT terjadi, pada hari tersebut pula terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin sholat menghadap ALLAH mengharapkan kebaikan kecuali ALLAH akan mengabulkan permintaannya.
( HR Muslim)
JUM'AT  yang membawa cahaya matahari yang penuh BERKAH membias di seluruh permukaan langit dan bumi.  JUM'AT dimana ALLAH menyempurnakan ISLAM dan mencukupkan nikmat.
''Barang  siapa mandi pada hari Jum'at dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya lalu ia pergi ke mesjid di awal waktu atau ia pergi di saat kutbah dimulai, duduk dekat imam, diam mendengarkan kutbah maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan sholat setahun."
(HR Thirmidzi)
Betapa banyak nikmat dan karunia yang ALLAH berikan pada kita dari Jum'at ke Jum'at berikutnya, namun betapa sedikitnya kita mengingat ALLAH dari Jum'at ke Jum'at dalam diam, bicara, duduk, berdiri maupun tidur kita dan semua gerak gerik kita, betapa sedikitnya SYUKUR itu atas semua yang dilimpahkan kepada kita.

JUM'AT yang menjadikan kita semangat beribadah.
" Hai orang-orang yang beriman,bertaqwalah kepada ALLAH, Dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yg telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)"
( QS Al Hasyr: 18)
Amalan-amalan JUM'AT yang disyari'atkan untuk dilakukan:

  • Membaca surah Al Kahfi
  • Memperbanyak Sholawat 
  • Memperbanyak ibadah dan berdo'a
  • Memperbanyak berinfaq/shodaqoh

Sungguh begitu banyak jalan untuk kita meraup pahala di hari JUM'AT sebagai bekal perjalanan kita di akhirat kelak, semoga kita tidak menyia-nyiakannya.
Barakallahu fikum.




shared at WhatsApp family ODOJ1550
re-shared at lovelyboutcrazy.blogspot.com by Vee

No comments:

Post a Comment