May 2, 2012

Musik & Kesehatan Otak


Pada tau gak sih klo musik bisa pengaruhin kesehatan otak?! 
Neh menurut Bunda Atty, seorang peneliti dan pemerhati otak, bilang klo sesuai prinsip tuh otak kita kerjanya secara elektrikal yang tumpuannya ke gelombang frekuensi. Sama kek musik, dentingan, gesekan dan nada-nada musik bermain di level gelombang frekuensi juga. Otak kita bekerja dengan listrik yang diukur dengan frekuensi. 

Gelombang frekuensi di sekitar kita memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti beta untuk fokus sehari-hari, alpha untuk rileks, theta relaksasi dalam, meditasi, atau merenung dan memecahkan masalah, sedangkan delta biasanya untuk tidur.
Nah, karna itulah kesibukan otak yang terjadi harus dibantu dengan fokus dan rileks yang sesuai dengan gelombang frekuensi yang membuat musik sangat bermanfaat untuk kerja otak. "Sebuah lagu pasti memiliki memori tersendiri dan berkaitan dengan kerja otak," begitu kata Bunda Atty.

Selain itu, musisi Keenan Nasution, berpendapat bahwa musik berhubungan dengan kehidupan dengan mencontohkan hubungan frekuensi dengan tumbuh-tumbuhan. "Pertumbuhan sayur yang disimpan di ruang kaca dengan pengaruh musik yang baik atau rock akan berbeda," kata Keenan.

Musik juga bisa jadi sarana terapi, yaitu dengan mendengarkannya sebelum tidur, selama perjalanan, saat di ruang baca atau di ruang keluarga, atau dengan aktivitas hipnoterapi klinis (sugesti nilai-nilai positif masuk ke dalam otak berbarengan dengan musik). Sekarang ini pun sedang heboh bahwa musik ternyata mampu mengaktifkan otak tengah anak usia 5-15 tahun.

Okay, abis ngebahas hubungan musik ama  otak, saatnya kita menjaga kesehatan otak kita yukz..


Ternyata otak yang hanya seukuran seperlimapuluh bagian tubuh ini membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Jadi klo kekurangan nutrisi, seperti multivitamin, asam amino dan mineral bisa ngaruh ama daya maksimal otak yang juga ngaruh ke stamina tubuh. Tubuh akan ngerasa lelah klo pikiran atau otak juga lelah yang buat produktivitas gak optimal.

Beberapa tips yang bisa dilakuin untuk ngejaga kesehatan otak, yaitu : 
  1. makan teratur ~ sesuai penemuan tim peneliti di Italia bahwa makanan bisa ngaktifin molekul-molekul di otak dan bikin otak berumur panjang. Molekul yang bernama CREB1 itu berfungsi untuk ngaktifin banyak gen yang terkait dengan usia dan fungsi otak untuk kemampuan mengingat, mengatur proses belajar dan kecemasan serta mengurangi penuaan.
  2. banyakin makan ikan ~ dapat melindungi otak dari penuaan, karena kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 yang bikin otak jarang ngalamin penyusutan dan punya kinerja mental yang lebih baik. Selain itu, asam lemak omega 3 juga sebagai komponen penting dari membran sel otak dan bisa perbaiki kekuatan daya ingat, jadi bisa ngurangin resiko pikun di usia lanjut. Sebuah penelitian gabungan dari Oregon Health and Science University, Portland VA Medical Center, dan Oregon State University, melakukan scan otak kepada 42  peserta, ditemukan bahwa orang dengan kandungan tinggi vitamin dan omega 3 dalam darahnya cenderung memiliki volume otak yang lebih besar sedangkan orang yang darahnya banyak terkandung lemak trans memiliki volume otak yang lebih kecil.
  3. konsumsi makanan bervitamin B
    • Vitamin B1 (Tiamin) ~ bantu pertumbuhan organ dan sistem syaraf pusat pada bayi. Terdapat pada segala jenis makanan padi-padian dan bahan yang difortifikasi, seperti roti, sereal, wheat dan pasta. Jika kekurangan vitamin B1 dapat mengalami keletihan, lemah daya ingat, kekacauan mental, penyimpangan perilaku, dan cepat marah.
    • Vitamin B5 (Asam Pantotenat) ~ merupakan bentuk ko-enzim yang ngebantu mengantar rangsangan saraf. Terdapat pada daging, unggas, ikan, sereal, biji-bijian, susu, dan sayur.
    • Vitamin B6 (Piridoksin) ~ bantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi, disamping ngebentuk sel darah merah baru, ngebantu ubah triptofan jadi serotonin (zat kimia otak yang nimbulin rasa tenang). Terdapat pada daging ayam, hati, pisang, semangka, kacang panjang, dan produk yang difortifikasi misalnya sereal. Jika kekurangan vitamin B6 akan berdampak jadi cepat marah, mudah letih, daya konsentrasi lemah, kebiasaan tidur yang buruk, dan lemah daya ingat
    • Vitamin B12 (sianokobalamin) bersama asam folat ~ ngebantu ibu dan bayi produksi sel darah merah yang sehat dan ngebantu pengembangan otak janin dan sistem saraf. Terdapat pada daging merah, ayam, ikan, kerang, telur, dan makan yang mengandung susu.
    • Asam Folat ~ salah satu kelompok vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak jika terpapar panas. Terdapat secara alami pada bayam, brokoli, pok coy, asparagus, kol, daging, gandum, telur, susu dan keju serta bahan yang difortifikasi, seperti sereal dan susu. Ngebantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan data dalam daya ingat. Jika kekurangan semasa hamil bisa nyebabin kelainan bawaan pada otak, tulang kepala dan sumsum tulang belakang (neural tube defect) yang dikenal sebagai anensefalus, hidrosefalus, mikrosefalus, dan spina bifida. Setelah bayi lahir, asam folat dibutuhkan untuk pembentukan selubung saraf otak.
  4. hindari fast food ~ sebuah lembaga nirlaba di Inggris bernama Alzheimer's Research UK merasa terpanggil untuk meneliti makanan yang berisiko menyebabkan demensia atau kepikunan, menurut hasil di lapangan, lemak trans yang ditemukan dalam makanan cepat saji berkaitan dengan rendahnya nilai tes mental dan penyusutan otak yang khas ditemui pada penyakit Alzheimer.
  5. latihan mental ~ rangsangan mental bisa ngejaga otak tetap sehat dan ningkatin kekuatan daya ingat. Orang yang punya daya ingat bagus cenderung punya berbagai keinginan dan bisa ngatasin tantangan latihan mental. latihan otak bisa dilakukin dengan teknik seperti puzzle, teka-teki dan minat pada bidang sosial dan budaya.
  6. olah raga ~ cukup setengah jam setiap tiga kali dalam seminggu untuk berolah raga bisa ngasi dampak yang bagus untuk peningkatan kekuatan otak, karena olah raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.
  7. cukup istirahat ~ istirahat yang dilakukan secara rutin bisa ngebantu perbaiki memori. Sesuai hasil penelitian di RIKEN Brain Science Institute, Tokyo, Jepang, ditemukan sintesis protein di otak kecil memegang peranan penting dalam keajaiban tersebut. Istirahat cukup secara rutin menimbulkan efek jarak yang diyakini membantu otak bagian memori pulih secara bertahap serta bekerja dengan cara yang unik pada proses belajar. Belajar yang secara sedikit demi sedikit tanpa tekanan akan lebih mudah mengingat ilmu yang dipelajarinya dibandingkan yang belajar dengan cara diforsir.


Nah, seru kan topik yang kali ini Vee bawa. Dah pasti donk setiap hari, setiap jam, setiap menit bahkan setiap detiknya kita gak bakalan jauh dari yang namanya musik. Bahkan tubuh kita juga bermusik loh, tau donk apa itu?! Yupz, detak jantung adalah musik nyata yang akan selalu kita dengar selama hidup kita dan gak pernah berhenti sampai pada waktunya dia berhenti saat kita meninggal. Nikmati musik yang disediakan oleh alam secara teratur dalam hidup kita maka ritme kehidupan kita juga akan baik. 
Dari kecil sampai sekarang di saat apapun musik selalu menemani Vee, karna musik memberikan sentuhan tersendiri bagi kegiatan-kegiatan yang Vee lakukan. Bahkan di saat anak lain belajar dengan tenangnya, otak Vee belajar sekaligus mendengarkan musik secara bersamaan karena earphone yang menempel dikuping setia memutarkan musik-musik kesayangan yang menjadi penyemangat tersendiri. So, mulailah beraktivitas dengan diiringi musik sesuai dengan kebutuhan.

Okay, sekian info yang bisa Vee sampein..
Have a wonderful life with music guys..
^____^


source : kompas

No comments:

Post a Comment