Apr 28, 2012

Langkah Kaki & Demensia

Hay, guys..
Hari ini udah ngelangkahin kaki sejauh mana, selama apa dan bagaimana kecepatan yang kalian lakukan selama berjalan?? Hee, kali ini Vee mau bagi info yang berhubungan dengan langkah kaki loh. Disimak yaaaaa..

Hmm, ada penemuan yang dilakukan oleh Boston Medical Centre (dikutip huffingtonpost.co.uk) mengenai hubungan antara kecepatan melangkahkan kaki dengan resiko demensia. Tau donk apa demensia itu?? Demensia merupakan kondisi dimana terjadi penurunan fungsional yang disebablan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Nah tau kan kondisi saat pikun?! Pikun adalah gejala umum yang mungkin menunjukkan adanya demensia.

Mereka yang biasanya berjalan lambat memiliki resiko mengalami penurunan daya ingat lebih buruk di masa depan, dibandingakn dengan mereka yang memiliki ritme berjalan yang lebih cepat.
Orang yang menderita demensia sering tidak berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik, sehingga perlahan akan kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menjadi emosional yang menjadi tak terkendali. 
Penemuan itu disimpulkan berdasarkan serangkaian tes terhadap 2.400 pria dan wanita yang berusia sekitar 62 tahun dengan periode analisis selama 11 tahun. Tes yang diberikan mencakup masalah kecepatan berjalan, kekuatan pegangan tangan dan kualitas fungsi ognitif.
Saat kita berjalan, kita memerlukan energi, pengendalian gerak dan dukungan serta penempatan tuntutan pada banyak sistem organ (termasuk jantung, paru, sirkulasi darah, urat saraf dan sistem otot dan tulang). Dan gaya berjalan yang lambat mencerminkan sistem yang rusak dan tingginya energi yang dikeluarkan saat berjalan. 
Pada penelitian lain tahun 2009 mengungkapkan adanya hubungan kuat antara kecepatan berjalan dan resiko penyakit jantung. Pada penelitian lain yang dipublikasikan oleh Journal of The American Medical Association diperlihatkan adanya hubungan antara kecepatan berjalan dengan tingkat harapan hidup. 
Nah, ritme berjalan yang cepat memiliki beberapa manfaat yang lain seperti

  • dengan berjalan selama 30 menit setiap hari dengan kecepatan sedang hingga cepat dapat menghilangan rasa nyeri dan sakit, dan dapat meningkatkan mood/suasana hati
  • dengan intensitas yang baik, berjalan cepat dapat membakar kalori yang membuat bobot tubuh susut
  • dengan berjalan selama 1 jam 30 menit  setiap hari yang dilakukan dengan relaks sambil menikmati pemandangan di sekitar dapat menurunkan tingkat stres.
Okay, guys mari memulai melangkahkan kaki kita dengan cepat agar terhindar dari kemungkinan terkena demensia nantinya. Melangkah cepat bukan berarti harus lari-larian yah. Pasti pada tau donk yang namanya jalan cepat, apalagi yang sering jogging. Ayo lestarikan jalan cepat di sekeliling kita. Selain kita semakin sehat terhindar dari resiko demensia kita juga bisa menikmati pemandangan yang bagus secara intens biar gak pada stress..

Sekian info kali ini..
Lets we spread our healthy life guys..
^___^


source : infosehat

No comments:

Post a Comment