Mar 7, 2012

Chit Chat With Mom

Di suatu malam yang cukup cerah. (mungkin, secara gak liat langit sih ya gimana keadaan sebenarnya ^^) Beranjaklah seorang gadis dari ruang keluarga ke kamar bundanya dikarenakan malas menonton acara televisi yang ada. Di dalam kamar, terlihatlah bunda yang sedang sibuk mengutak-atik sesuatu, tumpukan kertas-entah kertas apa persisnya, si gadis hanya berjalan melewati bunda yang duduk di lantai dengan santainya menuju tumpukan empuk kasur dan langsung berbaring diatasnya. Tiba-tiba sebuah topik pembicaraan dibuka..

"Bunda, kalo wisuda gak ada apa-apaan kan yah? Cuma ceremonial doank?" tanya gadis itu sambil bergumul dengan guling di tangannya."Iya, emang kenapa?" Bunda masih sibuk dengan kertas-kertas di tangannya."Aku gak usah wisuda aja yah. Abis sidang, udah, kelar." ucapnya enteng."Terserah.""Dari pada uangnya buat daftar acara wisuda, mending uangnya buat yang lain ajah. Kek les bahasa gitu Bunda." mengerlingkan matanya pada Bunda."Terserah. Tapi itu kan momen dalam hidup. Bunda aja di wisuda tiga kali. Kamu gak mau?""Tapi kan sayang uangnya, Bunda." "Masalah uang gak usah dipikirin, sayang. Itu udah ada yang ngatur.""Gitu yah Bunda.""Hmm.."
"Aku mau memperdalam bahasa lagi oemma, pengen les inggris ama korea, soale mandarin udah gak mungkin lagi buat di dalemin.""Kenapa gak mungkin?" "Udah banyak kosakata yang ilang sih, walau cara penulisannya masih bisa. Jadi les Inggris ama Korea ajah deh bisanya.""Yah, gih sana les.""Jadi klo gitu selama nunggu wisuda aku gak papa donk yah ke jakarta lagi. Ntar lesnya di depok ituh, ada Inggris plus koreanya, lumayan lah 1 jaman dari rumah bulek.""Yah terserah kamu lah. Asal bisa bikin kamu seneng dan bermanfaat." "Asyik, jadi boleh yah Bunda.""Hmm, tapi itu yah sejam-an di jalan semaput mah Bunda." "Hahahahahah.. Bunda sih gak seru. Asyik tau kek gitu. Aku suka.""Ah, kamu mah."


Terjadi celah waktu beberapa menit hingga topik selanjutnya bergulir...


"Bunda, klo yang di Kuching itu ngajarnya di kotanya apa di mananya?" "Yah, di kotanya itu." "Di daerah yang ada patung kucingnya itu bukan?" "Iyah, di kotanya situlah. Gak mungkin jauh-jauh." "Kalau gitu ntar kalau aku mau kerja di sana berarti lumayan yah fasilitasnya?" "Semua fasilitas pasti ada, di sediain. Namanya juga sekolah, makan siang juga di tanggung kan. Cuma yang itu dari pagi sampai sore, dan bakalan liburan panjang waktu desember, sebulan penuh." "Bukan fasilitas itu yang aku maksud, tapi internetnya."
Kan di sana aku ntar bakalan sendirian, internet bakalan jadi temen aku di sana selama masa-masa adaptasi awalnya, sekalian biar gak ketinggalan kokoreaan donk pastinya. batin gadis mungil itu.
"Hmm, bagus sepertinya. Buktinya Ayah kn kmaren lancar-lancar aja selama di sana internetnya." "Iya juga sih. Tapi aku bakalan tinggal di asrama gitu yah Bunda." "Gak tau juga sih, yang pasti kamu tinggal di sekitaran sekolah donk. Kalau emang beneran niat, ntar Bunda tanya-tanya sama Pak Cik. Kalau pun emang kamu bakalan di sana, kayaknya kamu bakalan di suruh tinggal di rumahnya deh, secara anak-anaknya Pak Cik udah pada nikah semua. Jadi cuma tinggal berdua sama istrinya. Kalau kamu ada di sana yah kamu bisa nemenin Mak Cik.""Klo soal izin, enak gampang gak yah Bunda?" "Gak tau lah Bunda. Tapi kan kalau liburan, itu sebulan di desember kan cukup." "Bukan izin yang itu, tapi kalau tiba-tiba ada apa-apa trus aku mendadak izin gak bisa masuk gitu gampang apa susah yah? kan kita gak  bisa prediksi masa depan, sapa tau ada apa-apa, kalau izinnya susah kn gak enak." "Kalau kamu emang minat, ntar Bunda tanyain sama Pak Cik deh." "Hmm, gitu yah. Ntar deh, aku pikir-pikir lagi. Tapi aku tetep sih pengen di Jakarta aja Bunda." "Emang sih hujan batu di negara sendiri lebih baik dari pada ...""Bukan soal itu Bunda. Tapi hal yang lain." 


Pikiran gadis kecil itu pun menerawang, membayangkan kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi jika dia memilih jalan yang harus ditekuni kemudian hari.


"Bunda sih terserah kamu, toh kamu yang ngejalani. Bunda cuma bisa bantu dengan doa dan support buat kamu." Bunda nyeletuk diantara bayangan-bayangan yang dirangkai si gadis mungil."Baik Bunda."


Jadi, apapun pilihan aku Bunda akan selalu mensupport. Dan jikalau aku bener-bener bakalan kerja di Jakarta, apa harus yah aku di rumah bulek. Aku pengen banget hidup sendiri, ngekost gitu, secara keinginan itu udah tertunda 4 tahun lalu. Gak pengen ngerusuhin bulek dan gak pengen digangguin si Rama. Pengen ngekost, walau katanya tinggal bareng keluarga lebih baik tapi pengen ngerasain gimana rasanya jadi anak kost. Dibolehin gak yah ama Bunda? Secara tiap kali aku bilang bakalan hidup di Jakarta, Bunda selalu bilang berarti itu urusan bulek. Hoooo.. pengen ngekost.. Kalau pilihan ngekost ini bakalan di support juga gak yah ama Bunda? Masih meragu dibolehin.. T___T
Tapi seenggaknya, sampai saat ini Bunda bakalan ngebolehin aku bakalan di Jakarta selama menunggu masa wisuda ntar Agustus dan bisa ngambil les yang di depok, inggris dan korea. Bener-bener pengen improve dua bahasa itu. Bahasa inggris, bahasa umum yang bisa ngebawa kemana-mana dengan mudah, kalau bahasa korea bisa datengin uang dengan menjadi translator, lumayan pemasukannya walau sekedar iseng-iseng ntarnya. Ah, beneran dah pengen cepet-cepet sidang trus ngurus ini itu buat wisuda lalu berangkatlah ke Jakarta lagi. ^___^
Wait me, my beautiful future..



Begitulah malam itu berlalu dengan berbagai topik pembicaraan tentang masa depan si gadis mungil. Semoga apapun pilihannya di kemudian hari dapat memberikan sesuatu yang terbaik baginya.. 

No comments:

Post a Comment