Jan 18, 2012

[Book Review] SeoulMate


Novel fiksi karya Lia oenni ini diterbitkan oleh Penerbit Haru dengan 300 halaman di dalamnya dan berisi 24 chapter..

Cerita berfokus pada sosok Kim Sun_seorang tour guide traveliyagi yang bergabung menjadi seorang mate karena kemampuannya melihat hantu, Jang_hantu baru yang menjadi soul Sun selama melaksanakan tugas di SeoulMate, Siwon_pendiri SeoulMate bersama dengan Dong/Robin yang sama-sama memiliki kemampuan melihat hantu, serta para mate dan soul lain yang tergabung dalam seoulmate, tak lupa para klien yang memberikan mereka proposal kerjaan para seoulmate.

Okay, siap buat review'an yang mau Vee lakuin kan yah. Kali ini agak panjang neh soalnya 24 chapter, walau diambil dikit-dikit tetep ajah panjang kan yah..
Okay, lets begin..


Chapter 1 
Sun menjalani pekerjaannya sebagai tour guide traveliyagi pada turis Indonesia yang datang berkunjung ke negaranya. Kali ini Sun mengajak mereka ke Museum Mokin di Anguk, Ssamzie-Gil lokasi di mana scene bagian Wookie, Hae dan Soo Young di MV Seoul Song. 
Sun yang selalu diikuti oleh Siwon akhirnya mengalah dan mendengarkan apa maunya cowok tersebut dan akhirnya "setuju" untuk mengikuti kemauan Siwon.
Chapter 2
Sun yang "setuju" di bawa Siwon ke "markas SeoulMate yang berupa Hanok di daerah Bukcheong yang memang terkenal dengan ketradisionalannya. Sun pun di kenalkan dengan para soul (hantu yang menjadi partner kerja) dan mate (penjaga soul selama bekerja) yang ada di sana. Sun yang sebenarnya ogah-ogahan menerima ajakan Siwon, terkesan sangat dingin pada mereka semua. Sun juga bertemu dengan hantu amnesia yang akan menjadi soul-nya.
Chapter 3
Sun yang sibuk menjadi tour guide turis dari Jerman di teror telepon terus-menerus dari nomor handphone milik Siwon. Tetapi setelah di telepon balik ternyata, yang menelepon bukanlah Siwon melainkan hantu yang menjadi soul-nya yang menginginkan untuk mengetahui asal usulnya segera yang membuat Sun risih. Sun yang bingung untuk memanggil hantu itu pun memberikan nama setelah melihat-lihat brosur yang ada di dalam tasnya, Nanta, begitu nama yang dirasa Sun cocok dengan sosok hantu yang cerewet itu menurut Sun.
Chapter 4
Hantu baru itu tak terima dengan pemilihan nama yang diberikan Sun, ia pun menyebutkan namanya adalah Jang setelah melihat artikel seorang artis. Sun dan Jang mengikuti rapat proposalnya yang pertama. Semua sudah mendapat proposal yang harus dilaksanakan. Pada proposal yang membutuhkan suara hantu yang bagus karena harus menggantikan seorang penyanyi perform, tiba-tiba Jang dengan semangat menyuruh Sun untuk mengambil proposal tersebut.
Chapter 5
Jang yang sangat antusias dengan proposal menyanyinya tidak pernah melakukan latihan bersama Sun seperti yang disuruh oleh Siwon yang membuat Sun sangat khawatir apakah Jang benar-benar bisa menyanyi atau tidak. Tapi tanpa di sangka, Jang melakukannya dengan sangat baik, sampai-sampai membuat Sun melongo.
Chapter 6
Sun menagih janji Siwon untuk mempertemukannya dengan Dong tetapi Siwon bukannya memberikannya jawaban malah memberinya sebuah proposal berlabel Romance dimana klien ingin melakukan kencan di hari ulang tahunnya.
Chapter 7
Jang yang malu-malu ternyata melakukan proposal Romance-nya dengan sangat baik melalui arahan yang diberikan oleh Sun yang mulai mengerti arti sehati untuk melakukan tugas mereka berdua. Jang pun berkencan dengan klien di Yeouido Park.
Chapter 8
Kali ini Sun dan Jang mendapat proposal berlabel Drama yang mengharuskan mereka menakuti-nakuti tetapi yang ditakuti adalah seekor kambing betina yang mau melahirkan. Karena Jang belum berpengalaman soal menakuti-nakuti, dibantu oleh Sun untuk menciptakan wajah yang menyeramkan. Dan karena keberhasilan inilah, Jang akhirnya menjadi hantu padat.
Chapter 9
Sun membeli penimbang umur berkat bantuan Siwon untuk mengetahui kapan Jang meninggal, tetapi alat tersebut tak bekerja pada Jang membuat Sun sedikit kesal. Proposal yang didapatkan kali ini mengharuskan Jang menjadi koki sementara di sebuah restoran hantu, tapi tanpa disangka di sana Sun malah bertemu Dong yang sudah menjadi hantu menggantikan koki yang pernah bekerja di sana. 
Chapter 10
Jang yang tiba-tiba mengingat kalau dia merupakan seorang ayah dan memiliki anak berumur 5 tahun membuat Sun syok dan memulai menerka-nerka bagaimana kejadian yang mungkin terjadi yang menyebabkan Jang meninggal dunia dan bergentayangan seperti saat ini.
Chapter 11
 Akhirnya Jang mendapat proposal berlabel Action yang mengharuskannya mengusir hantu wanita dari sebuah restoran teh tua. Hantu yang dikenal dengan nama Arang dari cerita Arirang ini ternyata mengetahui kapan Jang meninggal dan usia Jang saat meninggal yang membuat Jang tertarik padanya.
Chapter 12
Sun dimarahi oleh Siwon karena merekrut Arang sebagai soul tanpa seizinnya. Oleh karena itu, Sun diharuskan bertanggung jawab untuk menjadi mate bagi Arang. Sun terpaksa membawa Arang karena bujukan Jang yang ingin tahu lebih banyak mengenai asal-usulnya.
Chapter 13
Sun merasa kesepian karena Jang selalu mengekor pada Arang, akhirnya ia pergi ke pulau Nami seorang diri. Ia mencoba menikmati suasana yang ada di sana, tanpa ia ketahui ternyata Jang mengikutinya dan muncul di saat yang "pas" yang membuatnya memberikan ppoppo pada Jang.
Chapter 14
Siwon dan Dong sedikit bernostalgia di ruangan Siwon. Mereka mengingat kembali bagaimana pertemuan awal mereka sampai akhirnya mereka sepakat untuk membentuk SeoulMate bersama-sama dan alasan mengapa Dong masih bergentayangan di dunia ini karena janjinya pada Siwon yang akan terus menjaganya selamanya.
Chapter 15
Sun terus berpikir mengenai kata-kata Jang saat ia memberikan ppoppo di pulau Nami. Dan saat Sun mengkonfirm keragu-raguan yang ia rasakan, ternyata hal itu membuatnya sangat bahagia. Jang ternyata juga menyukainya.
Chapter 16
Sun sudah bertekad kuat untuk memilih Jang dibandingkan Dong. Sun hanya menganggap oppa pada Dong hingga memberikannya pelukan yang membuat Jang cemburu yang akhirnya mendapatkan kisseu dari Sun sebagai bukti bahwa Jang lah yang lebih berarti bagi Sun saat ini.
Chapter 17
Sun akhirnya mengetahui siapa sebenarnya Jang dari sebuah brosur yang ditunjukkan oleh turis yang sedang menggunakan jasanya. Sun begitu terkejut hingga memutuskan untuk menutupi kenyataan itu sementara waktu hingga ia bisa siap memberi tahu Jang yang sesungguhnya.
Chapter 18
Sun kesal karena Siwon memberinya proposal berlabel Drama bersama Arang bukannya Jang. Arang harus melayangkan barang-barang untuk keperluan shooting sebuah film yang biasanya dilakukan dengan efek. 
Chapter 19
Sun mengamuk pada Jang yang menutupi kenyataan bahwa ia sebenarnya tau kondisi dirinya. Sun yang marah menyuruh Jang untuk kembali ke tubuhnya yang terbaring koma di rumah sakit. Jang yang sedih, berpamitan pada Siwon dan pergi dari hanok.
Chapter 20
Sun yang merasa bersalah pada Jang, menyusul pergi ke rumah sakit. Sun sebenarnya tak ingin Jang kembali ke tubuhnya, tapi setelah melihat ibu Ji Woo (nama asli Jang) Sun menjadi tak tega. Jang pun akhirnya kembali ke tubuhnya dengan janji akan mencari Sun setelah sadar dan akan menjadikannya sebagai soulmatenya kelak.
Chapter 21
Sun dan Arang kembali mendapatkan proposal Action dari produksi film yang pernah dibantu sebelumnya. Sun masih terus menunggu Ji Woo untuk menepati janjinya dan tak ingin Arang membantunya dengan membisiki Ji Woo untuk mengingat Sun kembali.
Chapter 22
Ji Woo kembali ke kehidupannya, ia kembali dekat dengan Su Jin, salah satu performer di Jump juga. Su Jin yang sudah mengenal Ji Woo dari lama merasakan perbedaan sifat Ji Woo setelah mengalami kecelakaan.
Chapter 23
Ji Woo tiba-tiba datang ke hanok, mengagetkan mereka yang berada di sana, tak terkecuali Sun. Sun bukannya senang malah marah-marah, karena merasa Ji Woo datang bukan karena ingatannya kembali mengenai dirinya tetapi karena hasutan Arang.
Chapter 24
Ji Woo sudah berada di Gyeong Ju seorang diri  menunggu kedatangan Sun. Sampai waktu yang dijanjikan Sun belum juga datang, membuat Ji Woo resah, tetapi ia tetap bersikeras menunggu Sun sambil melepas kelopak mawar, berargumen sendiri soal kedatangan Sun.

Vee beneran terbawa ceritanya banget waktu ngebacanya. Sempat terpikirkan apa endingnya bakalan beneran akan ada hubungan antara manusia dan hantu. Tapi ternyata tetap hubungan yang normal, manusia dan manusia. Trus juga sempat khawatir apakah Jang/Ji Woo beneran akan kembali ke tubuhnya yang sedang koma ataukah tetap memilih menjadi roh. Salah satu cerita yang bisa bikin argumen Vee berubah-ubah sesuai dengan fakta-fakta yang bermunculan sedikit demi sedikit.
리아 언니 짱!!

Oya, ada beberapa kalimat yang membekas banget di Vee waktu baca SeoulMate, like
"Harapan... itulah yang membuat kita bisa menggapai apa yang kita inginkan... Harapan dan kepercayaan"
and ...
"Aku mencari soulmate.... dan sepertinya aku sudah menemukannya." 
너무 좋아요.. ^^


Begitulah review'an Vee soal SeoulMate kali ini..
Ayo yang pengen tau detail ceritanya dibaca bukunya, seru loh..


Sekian review'an dari Vee..
Selamat membaca...
^___^

No comments:

Post a Comment